Soto Betawi, Asal Mula

Soto Betawi adalah makanan khas Betawi/Jakarta. Meskipun tidak seterkenal rendang namun soto ini dapat ditemukan hampir diseluruh pelosok Nusantara. Terdiri dari isian daging dan jeroan dan dimasak dengan rempah yang menghasilkan citarasa gurih. Dibeberapa wilayah bahkan ditambahkan susu untuk menambah kegurihannya.

Meskipun soto ini sudah dikenal oleh banyak orang jauh sebelum tahun 1960an nama Soto Betawi mulai diperkenalkan oleh sosok penjual soto bernama Lie Boen Po. Dialah orang yang pertama kali menggunakan nama tersebut pada tahun 1977. Dijual didaerah Princen Park atau THR Lokasari. Sebelumnya orang hanya mengenal nama soto berdasakan penjualnya. Misalnya Soto Pak Abduh atau Soto Pak Mamat. baru setelah Lie Boen Po menabalkan betawi pada sotonyalah orang kemudian mengenalnya dengan nama yang kita kenal sekarang

Klinik Immunotherapy di Cibubur

Sayang sekali usaha Lie Boen Po tidak bertahan lama dan harus tutup pada tahun 1991. Namun setelahnya, nama ini mulai digunakan oleh banyak orang sehingga orang mengenal dengan nama yang kita kenal sekarang. Hampir disetiap ibukota propinsi kita bisa menemukan soto yang satu ini. Seringkali rasanya sudah disesuaikan dengan citarasa lokal sebagaimana halnya nasi uduk.

Sejarah Makanan

3 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *