Perubahan Iklim Info and Tip Bagaimana Cara Menulis Resep Masakan

Bagaimana Cara Menulis Resep Masakan



Menulis Resep Itu Gampang
#memasakitugampang #ceunahkeuken

Bulan Ramadhan pada dasarnya memberi kebaikan lain pada diri kita. Dengan perut lapar dan kepikiran makanan, disamping waktu luang yang sepertinya perlu diisi agar tidak inget lapar dan haus, sebagian kita termasuk anak-anak muda seringkali mencari resep-resep makanan yang hendak dibuat.

Selain untuk memenuhi meja saat buka puasa nanti, cara ini juga bisa menambah kemampuan kita dalam memasak.

Bagi yang gemar menulis dan hendak membagikan resep kepada handai taulan, rekan dan follower anda, berikut adalah cara mudah untuk menulis resep.


1. Patuh Pada Elemen Wajib Yang Harus Ada

Paling tidak ada tiga bagian yang harus ada pada resep anda yakni: bahan-bahan, cara memasak, dan cara penyajian. Dengan cara ini kita memudahkan orang yang berusaha mengikuti petunjuk dalam resep tersebut.

2. Tulis Dalam bentuk List dan Bukan Narasi

Tulisan dalam bentuk narasi itu sulit dibaca dan dipahami. Orang akan keseulitan membaca tulisan yang panjang-panjang. Percayalah, resep anda akan ditinggal begitu paragraph kedua selesai dibaca. Pembaca akan menscroll kebawah tulisan anda dan akan meninggalkannya bila tidak ditemukan intisari tulisan anda.

3. Tulis Takaran Dengan Jelas

Satu kesulitan resep Indonesia di contoh oleh dunia luar adalah katena kita selalu menuliskan takaran dengan : secukupnya. Lah, ini secukupnya siapa? Secukupnya saya atau secukupnya yang nulis. Enak itu persepektif. Menurut saya enak belum tentu menurut orang. Makanya kita harus ambil jalan tengah agar makanan kita disukai baik oleh kita atau orang lain

Tulis takaran resep anda dengan jelas. Jangan bertele-tele. Langsung aja, misalnya bawang merah 100 gr dsb.

4. Tulis resep yang aplikatif alias mudah dibuat

Buat resep masakan yang memang mudah dibuat dan tidak butuh waktu palama dalam proses persiapannya. Kecuali kalau anda memang berniat membuat makanan yang agak sedikti ribet – biasanya anda sudah masuk kategori profesional baik untuk penulisan resep maupun tehnik memasak.

Pembaca suka dengan resep-resep praktis. Mereka hampir tidak punya waktu untuk memasak dengan durasi panjang.

Satu hal lagi, pastikan resep anda menggunakan bahan yang gampang didapatkan. Gunakan bahan yang umum digunakan di indonesia. Bila tidak, sarankan bahan pengganti.

5. Gunakan takaran Indonesia

Jangan menggunakan takaran international seperti inch, oz, pon dsb. Gunakan takaran yang mudah dimengerti misalnya sdm (sendok makan), gram, sendok teh, atau mungkin bisa digunakan istilah sejumput. Meskipun ini bakal mengundang kontroversi karena bergantung pada besar tangan. Hehe.

Untuk konversi ukuran, anda bisa lihat disini

6. Tulis REsepmu Sendiri

banyak artikel tentang resep di internet. Bukan tidak boleh tapi akan lebih menambah kualitas tulisan kamiu kalau kamu bisa menyediakan resep asli masakan kamu sendiri.

8. Gunakan Gambar

Gunakan gambar yang menari. Tidak perlu satu persatu bahan di upload tetapi seluruh bahan bisa dijadikan satu dalam satu gambar. Kalau anda menulis resep asli tentu mudah mengumpulkan baha-bahan dan memotretnya langsung.

Ada nilai tambah juga bisa kamu bisa memoptret proses masakan dan ketika masakan siap saji.

Nah itu dia tips untuk menulis resep. Nggak ada salahnya mulai berimajinasi dan menurunkan imajinasi anda kedunia nyata hehe. Silahkan tuliskan komentar anda dibawah dan silahkan membagikan artikel ini agar orang yang membutuhkan bisa terbantu.
3 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *