Perubahan Iklim Info and Tip Cara Membedakan Kurma Segar dan Kurma Pemanis

Cara Membedakan Kurma Segar dan Kurma Pemanis


#memasakitugampang #ceunahkeuken

Seperti biasa, pada bulan puasa ini bertebaran kurma ditoko-toko klontong maupun swalayan. Kurma manis dan legit ini menjadi makanan wajib buka puasa bagi warga Indonesia. Namun tahukah anda bahwa banyak kurma yang dijual dipasaran mengandung pemanis buatan?

Yup. Tidak semua kurma manis yang anda cicipi berasal dari kurma segar. Ada zat pemanis yang ditambahkan kedalamnya. Bagaimana membedakannya? Berikut saya ungkapkan bagaimana membedakan antara kurma manis dengan kurma yang menggunakan pemanis buatan.

1. Rasa manis nya berlebihan

Kurma segar selalu memberikan rasa yang alami dan tidak menyengat Bwerbeda dengan kurma yang menggunakan pemanis. Kurma yang terakhir ini seringkali memiliki manis yang berlebihan, menyengat dan tidak meraa diseluruh buahnya.

Biasanya setelah anda mencoba tiga sampai emat buah maka tenggorokan agak terasa sedikit gatal. Itulah yangmembedakan antara kurma manis segar dengan kurma dengan pemanis buatan.

2. Kurma dikerubungi semut

Coba letakkan kurma yang baru anda beli disembarang tempat. Bila dalam beberapa saat sudah dirubungi semut bisa dipastikan bahwa kurma tersebut adalah kurma dengan pemanis buatan.

3. Tanpa Biji Itu Modus

Kurma tidak bisa tanpa biji. Belum ada tehnologi pertanian yang bisa membuat kurma tanpa biji. Kurma tanpa biji memang dibuat agar proses perendaman dalam pemanis menjadi lebih mudah.


4. Rasa Manis Di dalam dan Di luar

Coba jilat kurma anda. Bila terasa manis, dapat dipastikan kurma itu menggunakan pemanis buatan. Kurma segar yang manis dan renyah tidak akan terasa manis ketika disentuh dengan lidah. Kita baru dapat manisnya setelah dikunyah.

Rasa manis diluar itu dikarenakan glukosa yang digunakan sebagai bahan pemanis menempel diluar permukaan kurma.

5. Tidak ada serat ketika dimakan

Satu lagi yang membedakan adalah serat. Kurma dengankematangan yang cukup akan memiliki banyak serat yang berguna untuk tubuh dan memberikan efek kenyang. Kurma dengan pemanis seringkali didapat dari kurma yang belum cukup umur sehingga tidak memiliki serat yang cukup

Nah, setelah mengetahui cara membedakan kurma manis segar dengan kurma pemanis buatan kita tentu diharapkan lebih berhati-hati dan bisa memilih mana yang akan kita konsumsi untuk kebaikan tubuh kita.

Silahkan tuliskan komentar anda dibawah dan silahkan membagikan artikel ini agar orang yang membutuhkan bisa terbantu.
2 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *