Perubahan Iklim Info and Tip Cara Memilih Daging Sapi Segar dan Bagus

Cara Memilih Daging Sapi Segar dan Bagus


Bagaimana Cara Mendapatkan Daging Yang Segar dan Bagus

Daging bisa dikatakan merupakan komoditi penting bagi kita. Keberadaannya juga seringkali dipaantau oleh pemerintah. Tujuannya agar tidak ada pedagang nakal yang mempermainkan harga daging yang berakibat kerugian bagi masyarakat. Pada saat ini ada dua tipe daging yang dijual ke masyarakat yakni daging segar yang dijual di pasar-pasar tradisional maupun daging beku impor yang dijual di supermarket/swalayan. Lalu bagaimana agar kita bisa mendapatkan daging bagus dan segar.

Hal yang utama adalah, anda tidak akan dapat memastikan daging beku yang anda beli itu segar atau bagus. Kita mendapatkannya dalam keadaan beku dan tidak mengetahui riwayat daging tersebut berapa lama hingga ke proses pembekuan. Jangan berpatokan pada harga. Harga yang mahal belum tentu mendapatkan daging segar. Harga yang murah bisa jadi ada sesuatu dibaliknya.

Kita bisa menilai segar tidaknya daging justru dari pedagang tradisional. Mereka selalu mengantung dagangannya. Dengan cara ini mereka ingin menunjukkan bahwa daging dipotong dengan cara yang sesuai dan tidak curang – ditambah air misalnya. Di pedagang tradisional kita juga bisa melihat kualitas daging apakah masih berwarna merah menyala, sebagai tanda sehat dan segar atau berwarna pucat yang berkemungkinan menunjukkan daging ini sudah beberapa hari lamanya.

Yang kedua adalah berkaitan dengan tekstur dan bau daging. Daging segar akan terasa kenyal dan tidak terlalu lembek ketika ditekan. Demikian halnya dengan bau segar daging yang bisa dicium dari jauh. Berbeda dengan daging yang sudah lama yang seringkali begitu empuk ketika ditekan dan tidak melawan balik. dari segi bau tentu ada semacam bau bangkai semriwing kehidung.

Dari cara diatas kita tentunya bisa menilai mana yang menguntungkan, apakah membeli daging di pasar swalayan atau di pasar tradisional. Di pasar swalayan seringkali daging juga dikemas semenarik mungkin. Namun saya tidak mengatakan bahwa memnbeli daging di pasar swalayan itu merugikan. Tidak. Hanya saja ada hal yang tidak bisa dilakukan di pasar swalayan untuk menilai secara langsung apakah daging itu bagus atau tidak. Itu saja.

Itulah cara memilih daging segar dan bagus. Silahkan dibagikan agar bisa memberi manfaat bagi orang lain.
2 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *