Gaya Hidup Nol Sampah

gaya hidup nol sampah

Gaya hidup nol sampah diluncurkan sehari setelah Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2022 atau lebih dikenal dengan zerowaste sebagai upaya melawan perubahan iklim.

Gaya Hidup Nol Sampah

Gaya Hidup Nol Sampah

Sampah adalah masalah serius. Setiap harinya, Jakarta menghasilkan sampah setara dengan dumptruck 12 ton yang berbaris dari Jakarta – Bogor pulang pergi. Empatpuluh persen dari total sampah Jakarta berupa sisa makanan yang bila dijadikan patung akan menghasilkan 14 patung setinggi monas setiap tahun.

Pada dasarnya kita mengambil sumberdaya alam dari bumi, merubahnya menjadi sebuah produk dengan energi yang juga diambil dari bumi lalu membuangnya kedalam lubang bila sudah tidak lagi dapat dipergunakan.

Overshoot Day

Kita kemudian mengenal Overshoot Day. Waktunya tidak sama dan belum tentu terjadi setiap tahun. Overshoot Day adalah hari dimana kita menghabiskan sumberdaya alam lebih banyak dari yang bisa disediakan bumi. Overshoot day pertama jatuh pada tahun 2019 dimana kita menghabiskan 1,5 kali lebih banyak sumberdaya alam untuk memenuhi konsumerisme manusia, kita.

17 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *