Perubahan Iklim Kerusakan Lingkungan Lepasnya Metana Memicu Pemanasan Global

Lepasnya Metana Memicu Pemanasan Global

Lepasnya metana menambah parah perubahan iklim

Lepasnya metana secara cepat ke dalam atmosfer Bumi 635 juta tahun lalu menyebabkan pemanasan global menjadi tak terkendali, dan kemungkinan bisa terjadi tak lama lagi, demikian bunyi satu laporan penelitian terbaru.

Penelitian itu, yang dimuat dalam edisi minggu ini di Nature, memberikan wawasan akan apa yang mungkin akan terjadi pada atmosfer Bumi ini bila endapan metana yang membeku di Kanada, Siberia, dan Alaska mulai mencair.

Selama periode Cryogeian (850-635 juta tahun lalu), seluruh Bumi betul-betul beku diliputi es, dengan gletser-gletser yang tersebar masuk ke wilayah tropis dan kemungkinan mencapai wilayah ekuator. Era ini dikenal juga sebagai era ‘bola salju Bumi’.

Es yang menutupi planet ini membentuk kulit putih yang cemerlang yang memantulkan sinar matahari dan mencegah permukaan Bumi menjadi panas. Tetapi setelah 155 juta tahun membeku, bumi bertambah panas secara dramatis.

Bagaimana itu bisa terjadi masih menjadi perdebatan sengit, meskipun semuanya setuju bahwa peristiwa itu mengubah sistem iklim dan kimia laut di planet ini selamanya.

20 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *