Perubahan Iklim Kerusakan Lingkungan Bahaya dari Plastik, Triliunan Nanoplastik Dilepaskan Dari Wadah Plastik

Bahaya dari Plastik, Triliunan Nanoplastik Dilepaskan Dari Wadah Plastik

Bahaya dari plastik juga muncul dari kemasan makanan. Triliunan nanoplastik dilepaskan dari wadah plastik tanpa disadari oleh kita. Nanoplastik berukuran lebih kecil dari sepersejuta meter atau setara dengan satu mikrometer dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop standard. Sementara Mikroplastik merupakan partikel yang lebih kecil dari 5 milimeter dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Nanoplastik ini akan terurai dari wadah plastik, terutama bila terkena makanan/minuman panas. Jumlah yang terurai akan jauh lebih banyak pada styrofoam yang digunakan sebagai wadah makanan.

Cemaran partikel plastik dari wadah yang terkena air panas ini dipublikasikan para peneliti dari National Institute of Standards and Technology (NIST), Amerika Serikat, di jurnal Environmental Science and Technology. Ahli kimia NIST Christopher Zangmeister menjadi penulis utama kajian ini.

Terkait dengan hal tersebutlah Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan peraturan gubernur (pergub) mengenai bahaya dari plastik dalam bentuk Larangan Penggunaan Kantong Plastik. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendukung pergub tersebut dan meminta larangan diperluas, tak hanya soal plastik.

19 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *