Perubahan Iklim Melawan Perubahan Iklim Nol Sampah di Hari Lingkungan Hidup

Nol Sampah di Hari Lingkungan Hidup

nol sampah

Perubahan Iklim | Nol Sampah di Hari Lingkungan Hidup. Menyambut hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2022 kemarin, Bidang Lingkungan Hidup Partai Gelora Indonesia meluncurkan kampanye nol sampah atau lebih dikenal dengan zerowaste sebagai upaya melawan perubahan iklim.

Hari Lingkungan Hidup dengan Nol Sampah

Sejumlah peneliti menyusun parameter berapa banyak akumulasi total sumberdaya alam yang kita habiskan sampai tahun mendatang. Hari itu disebut dengan Hari Overshoot Bumi yang waktunya tidak sama dan belum tentu terjadi setiap tahunnya. Overshoot Bumi kali pertama terjadi pada 2018 dimana kita menghabiskan sumberdaya alam sebanyak 1,5 kali lebih banyak untuk memenuhi gaya hidup konsumerisme kita.

“Konsumerisme mendorong mesin produksi terus berputar. Mengkonsumsi lebih banyak energi dan melepaskan gas rumah kaca, meninggalkan jejak karbon untuk dikirim ke berbagai belahan bumi,” Rully Syumanda, Kabid Lingkungan Hidup DPN Partai Gelora membuka diskusi.

“Diskursusnya bukan lagi pada material apa yang kita gunakan untuk memenuhi gaya hidup kita melainkan gaya konsumsi kitalah yang mendorong penambahan kapasitas produksi semakin rakus yang kemudian memicu perubahan iklim,” tambah Rully.

23 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *