Perubahan Iklim di Indonesia

Perubahan iklim di Indonesia

Perubahan iklim bukan cuma melulu tentang es yang mencair di Kutub Utara. Perubahan Iklim di Indonesia sudah mulai terasakan. Ditandai dengan perubahan temperatur rata-rata harian, pola curah hujan, tinggi muka laut, dan variabilitas iklim (misalnya El Niño dan La Niña, Indian Dipole, dan sebagainya). Perubahan ini memberi dampak serius terhadap berbagai sektor di Indonesia, misalnya kesehatan, pertanian, perekonomian, dan lain-lain.

Apa itu Perubahan Iklim
Apa Itu Pemanasan Global
Penyebab Perubahan Iklim

Sejak tahun 1960, iklim di Indonesia mengalami perubahan. Temperatur harian kita mengalami perubahan atau kenaikan. Meski kecil, dampaknya bisa begitu dirasakan. Itu adalah hasil studi sejumlah institusi dalam dan luar negeri dengan menggunakan data-data yang masih terbatas.

Sebagai informasi, perubahan temperatur harian adalah indikator yang paling mudah dan umum digunakan sebagai bukti adanya perubahan iklim.

Perubahan Suhu

Wilayah Malang misalnya mengalami kenaikan temperatur linier berkisar 2,60 C dalam seratus tahun berdasarkan analisis data 25 tahun terakhir (KLH, 2012).

47 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Comment