Sampah Makanan Selama Ramadhan

Perubahan Iklim | Indonesia menghasilkan sampah makanan atau mubazir pangan yang cukup besar , yaitu 23-48 juta ton per tahun dalam dua dekade terakhir ( 2000-2019 ) . Jumlah ini diperkirakan meningkat secara substansial selama bulan Ramadhan.

Sampah Makanan Selama Ramadhan
Sampah Makanan Selama Ramadhan

Strategi pengelolaan mubazir pangan dalam kerangka ekonomi sirkular dibutuhkan untuk mewujudkan efisiensi pangan yang lebih berkelanjutan .

Permasalahan mubazir pangan memang sulit dihindari. Jumlah penduduk Indonesia yang besar berpotensi menghasilkan kemubaziran pangan yang juga besar dan diperkira kan akan terus bertambah setiap tahun .

Mubazir Pangan

Kajian Food Loss and Waste ( FLW ) yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional ( PPN ) / Bappenas ), World Resources Institute ( WRI ), UK – FCDO, dan Waste4Change menemukan bahwa timbulan FLW di Indonesia pada 2000- 2019 berkisar 23-48 juta ton per tahun, atau setara dengan 115-184 kilo gram / kapita / tahun .

Tingkatkan kemungkinan menjadi nomer 1 di google search ..

Kerugian ekonomi yang di timbulkan juga luar biasa, mencapai Rp 213 triliun - Rp 551 tri liun per tahun atau 4-5 persen dari produk domestik bruto ( PDB ) Indonesia.

20 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *