Perubahan Iklim Apa itu Perubahan Iklim Tambang Batubara Ormas Keagamaan adalah Jebakan

Tambang Batubara Ormas Keagamaan adalah Jebakan

Tambang Batubara Untuk Ormas Keagamaan adalah Jebakan Pemerintah

Tambang Batubara Ormas Keagamaan adalah Jebakan Pemerintah | Rencana Pemerintah untuk memberikan izin kepada organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan untuk mengelola pertambangan lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara adalah jebakan.

Dengan cara ini, pemerintah akan berlindung dibalik ormas keagamaan untuk terus mengerus isi bumi atas nama pembangunan dan kemaslahatan umat. Ormas Keagamaan akan dibenturkan dengan pemerhati lingkungan hidup. Karena ini bicara tentang agama, masyarakat indonesia tentunya akan “takut berdosa” bila menyalahi kebijakan yang dikeluarkan oleh ormas-ormas keagamaan tersebut.

Sistem tata kelola tambang, utamanya batubara dengan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Kontrak Karya merupakan sistem era kolonial Belanda. Sistem tersebut dilanggengkan melalui Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

7 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *