Perubahan Iklim Gaya Hidup Kurangi Sampah Dengan Berbagi Makanan

Kurangi Sampah Dengan Berbagi Makanan

Kurangi Sampah Dengan Berbagi Makanan (1)

Kurangi Sampah dilakukan oleh PAUD Mawar Sandi, Manggarai, Jakarta Selatan, “disulap” menjadi dapur. Barisan bangku kecil dipenuhi botol saus, kecap, minyak goreng, beras, serta sayur – mayur. Di lantai berderet puluhan kotak nasi yang masih kosong. Sudah sekitar empat jam Indri (54) berdiri di depan kompor, memasak puluhan porsi ikan goreng, ayam kecap, bihun goreng, dan sayur capcai.

Hari itu ada target memasak sekitar 100 porsi nasi kotak. Tugas membungkus dan menempatkan pada tiap dus nasi diserahkan kepada delapan rekan Indri yung lainnya.

Meski sudah bertahun – tahun berprofesi sebagai guru di berbagai pendidikan anak usia dini ( PAUD ) di Jakarta, siang itu Indri mengemban tanggung jawab sebagai sukarelawan Dapur Pangan Foodhank of Indonesia (FOI), Tugasnya mengolah bahan makanan hasil donasi menjadi menu buka puasa bagi 78 siswanya yang berasal dari keluarga prasejahtera, ditambah sejumlah lansia pemulung yang tinggal di sekitar.

“Dengan jadi sukarelawan FOI, saya bisa membantu teman-teman yang kurang beruntung meski gaji guru PAUD kecil, sekaligus meng kurangi sampah,” ujarnya tersenyum.

33 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *