SDG 14 Kehidupan Bawah Air

SDG 14 Kehidupan Bawah Air Indonesia

SDG 14 Kehidupan Bawah Air. Melestarikan dan memanfaatkan sumber daya laut, samudra, dan kelautan secara berkelanjutan. Tentang melestarikan dan memanfaatkan samudra, lautan, dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan. Lautan dan lautan yang sehat sangat penting bagi keberadaan manusia dan kehidupan di Bumi.

Lautan sangat penting dalam kehidupan kita di bumi. Mencakup tiga perempat permukaan bumi, mengandung 97 persen air bumi, dan mewakili 99 persen ruang hidup di planet ini berdasarkan volume.

Hutan menyediakan sumber daya alam utama termasuk makanan, obat-obatan, biofuel dan produk lainnya; membantu pemecahan dan pembuangan limbah dan polusi; dan ekosistem pesisirnya bertindak sebagai penyangga untuk mengurangi kerusakan akibat badai. Hutan juga berperan sebagai penyerap karbon terbesar di dunia.

Yang mengkhawatirkan, polusi laut kini mencapai tingkat ekstrem, dengan lebih dari 17 juta metrik ton menyumbat lautan pada tahun 2021, angka ini diperkirakan akan meningkat dua atau tiga kali lipat pada tahun 2040. Plastik adalah jenis polusi laut yang paling berbahaya.

Saat ini, pH rata-rata lautan adalah 8,1 yang berarti 30 persen lebih asam dibandingkan masa pra-industri. Pengasaman laut mengancam kelangsungan hidup kehidupan laut, mengganggu jaring makanan, dan melemahkan layanan penting yang disediakan oleh laut dan ketahanan pangan kita.

4 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *