Perubahan Iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 13 Memerangi Perubahan Iklim dan Dampaknya

SDG 13 Memerangi Perubahan Iklim dan Dampaknya

SDG 13 Memerangi Perubahan Iklim di Indonesia

SDG 13 Memerangi Perubahan Iklim dan Dampaknya | Setiap orang, di setiap negara, di setiap benua akan terkena dampak perubahan iklim dalam berbagai bentuk. Bencana iklim sedang mengancam dan kita tidak siap menghadapi dampaknya.

Perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia dan mengancam kehidupan di bumi seperti yang kita ketahui. Dengan meningkatnya emisi gas rumah kaca, perubahan iklim terjadi jauh lebih cepat dari perkiraan. Dampaknya bisa sangat menghancurkan dan mencakup pola cuaca ekstrem dan berubah-ubah serta naiknya permukaan air laut.

Jika dibiarkan, perubahan iklim akan menghambat kemajuan pembangunan yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga akan memicu migrasi massal yang akan menyebabkan ketidakstabilan dan perang.

Untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5°C di atas tingkat pra-industri, emisi harus sudah dikurangi dan harus dikurangi hampir setengahnya pada tahun 2030, hanya tujuh tahun lagi. Namun, kami sangat melenceng dari target tersebut.

Upaya yang bersifat mendesak dan transformatif, lebih dari sekadar rencana dan janji, sangatlah penting. Hal ini memerlukan peningkatan ambisi, mencakup seluruh perekonomian dan bergerak menuju pembangunan yang berketahanan iklim, sambil menguraikan jalur yang jelas untuk mencapai emisi nol bersih. Tindakan segera diperlukan untuk menghindari konsekuensi bencana dan menjamin masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

7 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *