Perubahan Iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 16 Perdamaian Keadilan dan Institusi yang Kuat

SDG 16 Perdamaian Keadilan dan Institusi yang Kuat

SDG 16 Perdamaian Keadilan dan Institusi yang Kuat di indonesia

SDG 16 Perdamaian Keadilan dan Institusi yang Kuat. Mempromosikan Masyarakat yang Adil, Damai dan Inklusif, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua orang, dan membangun lembaga-lembaga yang efektif, akuntabel, dan inklusif di semua tingkatan. Masyarakat di mana pun harus bebas dari rasa takut terhadap segala bentuk kekerasan dan merasa aman dalam menjalani kehidupan, apa pun etnis, keyakinan, atau orientasi seksualnya.

Namun, konflik kekerasan yang sedang berlangsung dan baru di seluruh dunia menggagalkan jalur global menuju perdamaian dan pencapaian Tujuan 16. Yang mengkhawatirkan, pada tahun 2022 terjadi peningkatan lebih dari 50 persen kematian warga sipil terkait konflik – yang pertama sejak diadopsinya Agenda tersebut. 2030 – sebagian besar disebabkan oleh perang di Ukraina.

Tingginya tingkat kekerasan bersenjata dan ketidakamanan mempunyai dampak yang merusak terhadap pembangunan suatu negara, sementara kekerasan seksual, kejahatan, eksploitasi dan penyiksaan sering terjadi ketika terdapat konflik atau tidak adanya supremasi hukum, dan negara-negara harus mengambil tindakan untuk melindungi mereka yang paling berisiko. .

Pemerintah, masyarakat sipil, dan komunitas perlu bekerja sama untuk menemukan solusi jangka panjang terhadap konflik dan ketidakamanan. Memperkuat supremasi hukum dan memajukan hak asasi manusia adalah kunci dari proses ini, begitu pula dengan pengurangan aliran senjata terlarang, pemberantasan korupsi, dan memastikan partisipasi inklusif setiap saat.

3 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *