Perubahan Iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 8 Pekerjaan Yang Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi

SDG 8 Pekerjaan Yang Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi

SDG 8 Pekerjaan Yang Layak (1)

SDG 8 Pekerjaan Yang Layak | Tentang mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, lapangan kerja dan pekerjaan yang layak untuk semua. Berbagai krisis menempatkan perekonomian global dalam ancaman serius. Pertumbuhan PDB riil per kapita global diperkirakan akan melambat pada tahun 2023 dan dengan semakin menantangnya kondisi perekonomian, semakin banyak pekerja yang beralih ke pekerjaan informal.

Secara global, produktivitas tenaga kerja meningkat dan tingkat pengangguran menurun. Namun, diperlukan lebih banyak kemajuan untuk meningkatkan kesempatan kerja, terutama bagi kaum muda, mengurangi lapangan kerja informal dan kesenjangan pasar tenaga kerja (khususnya dalam hal kesenjangan upah berdasarkan gender), mendorong lingkungan kerja yang aman dan terjamin, dan meningkatkan akses terhadap layanan keuangan untuk memastikan keberlanjutan. dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Tingkat pengangguran global menurun secara signifikan pada tahun 2022, turun menjadi 5,4 persen dari puncaknya sebesar 6,6 persen pada tahun 2020 ketika perekonomian mulai pulih dari guncangan pandemi COVID-19. Angka ini lebih rendah dibandingkan tingkat sebelum pandemi sebesar 5,5 persen pada tahun 2019.

Apa yang dimaksud dengan “SDG 8 pekerjaan yang layak”?
Pekerjaan yang layak berarti peluang bagi setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan yang produktif dan memberikan pendapatan yang adil, keamanan di tempat kerja dan perlindungan sosial bagi keluarga, prospek yang lebih baik untuk pengembangan pribadi dan integrasi sosial. Kurangnya kesempatan kerja yang layak, kurangnya investasi dan rendahnya konsumsi menyebabkan terkikisnya kontrak sosial dasar yang mendasari masyarakat demokratis: bahwa semua orang harus berbagi kemajuan.

7 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *