Perubahan Iklim Melawan Perubahan Iklim Cara Menghemat Listrik – A Practical Guideline

Cara Menghemat Listrik – A Practical Guideline

Perubahan Iklim | Cara menghemat listrik adalah cara paling mendasar untuk menghemat energy adalah jangan menyepelekan hal-hal mendasar. Hal ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi pemenuhan dan penghematan energy dan uang anda!

Cabut steker/stop kontak.

* Cabut steker/stop kontak anda bila tidak digunakan. Berdasarkan penelitian, dengan cara ini anda telah menghemat minimal Rp. 10.000 setiap bulannya

* Coba anda lihat kembali sekeliling rumah anda. Pastikan tidak ada charger hp, PDA, Kamera digital atau gadget anda lainnya yang terpasang. Lepaskan steker/stop kontaknya sampai anda menggunakan untuk mencharge gadget anda

Baca Juga
Klinik Autism Utama di Indonesia
Bertani, Berkebun atau sekedar hobby, kunjungi yang satu ini.

* Matikan televisi, home theater, atau stereo sets anda. Jangan diset pada posisi standby. Posisi standby peralatan elektronik anda selama sebulan sama nilainya dengan lampu pijar 100 wat yang dihidupkan selama sehari penuh.

* Jangan lupa untuk mematikan lampu bila tidak dibutuhkan. Biasakanlah bekerja pada siang hari. Kebanyakan kawasan perkantoran didesain untuk menggunakan lampu meskipun pada siang hari. Sebetulnya, masih cukup kuat cahaya yang masuk saat siang hari untuk digunakan bekerja.

* Pastikan ketika meninggalkan rumah, ruang rapat dan atau kantor bahwa semua lampu telah dimatikan

* Gantilah seluruh lampu anda dengan lampu hemat energy yang tersedia dipasaran. Sedikit mahal tapi jauh lebih murah dalam jangka panjang.

* Tunda beberapa saat untuk menghidupkan lampu menjelang malam dan segerakan untuk mematikan lampu menjelang pagi hari.

Sleep dan Hibernate Mode

* Pastikan computer anda menjalankan mode sleep setelah tidak digunakan selama 20 menit atau pada posisi hibernate bila tidak digunakan selama 30 menit. Untuk window, anda bisa menemukannya di Control Panel – Power Option. Untuk pengguna Mac coba lihat di System Preference. Dengan mensetnya kedalam posisi sleep atau hibernate, anda sekaligus telah menghemat waktu ketika anda akan menggunakan kembali computer anda. Energy yang dibutuhkan untuk menghidupkan computer dari posisi off jauh lebih besar dibanding dalam posisi sleep atau hibernate.

Kontrol temperature AC

* Set Air Conditioning anda menjadi 26 derajad celcius dan Auto Fan. Dengan cara ini, selain anda menghemat konsumsi listrik, motor mesin AC anda juga akan lebih awet karena tidak dipaksa bekerja terus menerus.

* Pastikan tidak ada pintu atau jendela yang terbuka ketika AC tengah dihidupkan. Bila ruangan dimana AC anda berada berhadapan langsung dengan matahari, lapislah dinding anda dengan cat autoproof agar bisa mengisolasi panas yang muncul dari luar.

* Matikan AC and bila rumah anda akan ditinggalkan dalam keadaan kosong. Bila ada penghuninya, pastikan bahwa AC hanya dihidupkan pada area dimana penghuni berinteraksi.

* Jangan langsung menghidupkan AC ketika anda baru tiba di rumah. Dinginkan terlebih dahulu tubuh anda sebelum menghidupkan AC. AC membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan bila tubuh anda masih menyimpan panas dari luar.

Gunakan Alat Rumah Tangga Seefisien mungkin

* Set lemari es anda pada temperature 15 – 20 derajad celcius dan untuk frezer bisa diset pada temperature 5 derajad celcius. Pastikan pintu lemari es anda tidak bocor agar udara dingin didalamny tidak keluar. Pastikan pula anda membuka lemari es bila anda benar-benar tahu apa yang anda butuhkan. Lemari es membutuhkan energi yang sangat besar untuk kembali pada temperature semula bila pintu baru terbuka.

* Hindari penggunaan microwave. Pastikan anda menggunakannya apabila dalam keadaan mendesak dan bukan untuk kebutuhan sehari-hari. Demikian halnya ricecooker. Masaklah secukupnya sehingga anda tidak perlu memanaskan nasi terus menerus.

* Tunggulah sampai cucian anda benar-benar cukup banyak sebelum anda menggunakan mesin cuci. Hindarilah menggunakan mesin pengering bila memang tidak dibutuhkan. Sedikit olahraga untuk mengeringkan cucian jauh lebih bermanfaat bagi tubuh anda dan untuk penghematan energi. Berlakukan kebiasaan yang sama terhadap setrika.

Rully Syumanda
Tuesday, 10 June 2008

9 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »