Perubahan Iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 1 Mengakhiri Kemiskinan Dengan Segala Bentuknya

SDG 1 Mengakhiri Kemiskinan Dengan Segala Bentuknya

SDG 1 MENGAKHIRI KEMISKINAN DENGAN SEGALA BENTUKNYA

SDG 1 Mengakhiri Kemiskinan Dengan Segala Bentuknya | Memberantas kemiskinan ekstrem bagi semua orang di mana pun pada tahun 2030 adalah tujuan penting Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Kemiskinan ekstrim, yang didefinisikan sebagai hidup dengan pendapatan kurang dari $2,15 per orang per hari pada paritas daya beli tahun 2017, telah mengalami penurunan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir.

Namun, munculnya COVID-19 menandai titik balik, membalikkan kemajuan tersebut karena jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem meningkat untuk pertama kalinya dalam satu generasi sebanyak hampir 90 juta orang dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Bahkan sebelum pandemi terjadi, momentum pengentasan kemiskinan mengalami perlambatan. Pada akhir tahun 2022, analisis terkini menunjukkan bahwa 8,4 persen populasi dunia, atau sebanyak 670 juta orang, masih hidup dalam kemiskinan ekstrem. Kemunduran ini secara efektif menghapus kemajuan yang telah dicapai dalam pengentasan kemiskinan selama kurang lebih tiga tahun.

Jika pola yang ada saat ini terus berlanjut, diperkirakan 7% populasi global – sekitar 575 juta orang – masih akan terjebak dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2030, dengan konsentrasi yang signifikan di Afrika sub-Sahara.

Hal yang mengejutkan adalah kembalinya tingkat kelaparan ke tingkat yang terakhir terjadi pada tahun 2005. Yang juga mengkhawatirkan adalah kenaikan harga pangan yang terus-menerus di sejumlah besar negara dibandingkan dengan periode 2015 hingga 2019. Tantangan ganda yaitu kemiskinan dan ketahanan pangan menimbulkan dampak yang sangat besar. keprihatinan global yang kritis.

2 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *