Perubahan Iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 5 Kesetaraan Gender dan Penguatan Perempuan

SDG 5 Kesetaraan Gender dan Penguatan Perempuan

SDG 5 Kesetaraan Gender Indonesia

SDG 5 Kesetaraan Gender dan Penguatan Perempuan | Kesetaraan gender bukan hanya merupakan hak asasi manusia yang mendasar, namun merupakan landasan penting bagi dunia yang damai, sejahtera, dan berkelanjutan. Terdapat kemajuan selama beberapa dekade terakhir, namun dunia belum berada pada jalur yang tepat untuk mencapai kesetaraan gender pada tahun 2030.

Kesetaraan gender bukan hanya merupakan hak asasi manusia yang mendasar, namun merupakan landasan penting bagi dunia yang damai, sejahtera, dan berkelanjutan. Terdapat kemajuan selama beberapa dekade terakhir, namun dunia belum berada pada jalur yang tepat untuk mencapai kesetaraan gender pada tahun 2030.

Perempuan dan anak perempuan mewakili separuh populasi dunia dan juga separuh potensinya. Namun ketidaksetaraan gender masih terjadi di mana-mana dan menghambat kemajuan sosial.
Rata-rata, perempuan di pasar tenaga kerja masih memperoleh penghasilan 23 persen lebih rendah dibandingkan laki-laki secara global dan perempuan menghabiskan waktu tiga kali lebih banyak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dan perawatan tanpa bayaran dibandingkan laki-laki.

Kekerasan dan eksploitasi seksual, pembagian yang tidak setara antara perawatan dan pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar, dan diskriminasi dalam jabatan publik, semuanya masih menjadi hambatan besar. Semua bidang kesenjangan ini diperburuk oleh pandemi COVID-19: terdapat peningkatan laporan kekerasan seksual, perempuan lebih banyak melakukan pekerjaan perawatan karena penutupan sekolah, dan 70% pekerja kesehatan dan sosial di seluruh dunia adalah perempuan.

3 Likes

Author: Rully Syumanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *